Membantu Mengurangi Pengangguran Melalui Langkah Kongkrit

Oleh: Dwi Andika

 

Pertumbuhan yang semakin pesat baik secara ekonomi juga tingkat penduduk di Indonesia tidaklah berimbang dengan jumlah lapangan pekerjaan yang tersedia. Justru dengan semakin melajunya angka pertumbuhan penduduk semakin membuat jumlah pengangguran tidak kunjung berkurang. Khususnya di daerah pinggiran kota bahkan di pelosok sendiri angka dan jumlah pengangguran kian bertambah setiap tahunnya. Seperti angka pengangguran yang ada di Provinsi Banten, berdasarkan data dari Tingkat Pengangguran Terbuka ( TPT ) Banten jumlah pengangguran mencapai level 8,52 persen di tahun 2018.

Angka tersebut tentu saja akan naik di setiap tahunnya, bahkan angka tersebut diklaim menjadi jumlah yang cukup besar jika dibandingkan dengan jumlah rata – rata angka dari data TPT nasional. Apabila dibandingkan dengan kota besar lain seperti Jakarta, Jawa Barat dan lainnya Provinsi Banten masih berada di urutan TERATAS dalam hal jumlah pengangguran. Ini yang mendorong saya melakukan langkah kongkrit untuk secara nyata melakukan tindakan yang berdampak langsung.

 

Sedangkan angka pengangguran terendah di pegang oleh Bali, menurut  BPS  ada sekitar 5,83 juta penduduk Indonesia yang bekerja dalam struktur ketenagakerjaan di daerah Banten. Dari jumlah 5,33 juta pekerja diantaranya dengan klasifikasi 225 ribu pekerja paruh waktu, 749 ribu pekerja berkategori setengah menganggur dan sisanya diisi oleh pekerja penuh. Bali sudah berhasil memangkas pengangguran melalui Industri Pariwisatanya, Banten tidak bisa di anggap enteng juga objek wisata di Banten cukup Banyak, Namun harus di akui memang belum optimal dan sangat jauh dari kata ideal jika di bandingkan dengan Bali ini harus menjadi PR besar bagi Pemerintah Banten maupun Pemerintah Pusat. Dengan bertambahnya wisatawan tentu akan sangat berdampak pada pengurangan pengangguran dan terbukanya lapangan pekerjaan seluas luasnya.

 

Sehingga pada tahun 2018 struktur ketenagakerjaan di Banten sebanyak 496,73 ribu angka pengangguran yang terjadi. Jika dilihat dari data jumlah pengangguran berdasarkan pendidikan, maka paling tinggi jumlah pengangguran berasal dari tamatan SMK, SMA atau sederajat sebanyak 26,72 persen, Diploma sebesar 3,76 persen dan dari Universitas di angka 4,58 persen.

 

Ditambah lagi angka pengangguran disumbang dari daerah industri di Kabupaten Serang dengan jumlah persentase sebesar 12,78, Tangerang sebesar 9,70 persen dan di kota Cilegon dengan jumlah 9,33 persen. Dengan demikian bisa dikalkulasi apabila jumlah dari Provinsi Banten dan sekitarnya saja sudah tinggi, bagaimana dengan daerah dan kota lainnya.

Yang notabene jumlah pengangguran di pedesaan dan perkotaan jumlah berbanding 2:1. Apalagi di pedesaan pengangguran yang tidak mengenyam pendidikan sama sekali di setiap tahun juga meningkat. Pemerintah sendiri mengklaim jika angka pengangguran secara nasional sudah menurun sebesar 5,01 persen di tahun 2019. Dan angka tersebut lebih kecil dibanding tahun 2018 kemarin. Namun, apabila persoalan pengangguran ini tidak segera diatasi secara serius dan berkesinambungan tentu saja dapat berdampak kepada adanya tingkat kesenjangan kehidupan juga perekonomian nasional dan persoalan lain yang bisa timbul.

 

Untuk pekerja penuh saja dalam tahun 2018 sampai 2019 juga banyak mengalami pengurangan atau PHK. Akibat dari pabrik atau perusahaan yang bangkrut, perampingan pekerja, habis kontrak dan masih banyak lagi lainnya. Karena itu, memang sangat perlunya campur tangan dari Pemerintah Banten khususnya dalam menanggulangi permasalah pengangguran ini. Tidak cukup hanya dengan sosialisasi dan Undang – Undang saja melainkan bagaimana caranya lapangan pekerjaan juga bisa menampung para pekerja yang produktif untuk bisa dipekerjakan secara layak dan tetap.

 

Dengan membuka kesempatan bagi para investor baik dari modal lokal maupun asing menjadi salah satu upaya memberikan kesempatan para pekerja di daerah seperti Banten juga Indonesia di masa mendatang serta mendorong OPTIMALISASI ASET yang tidak produktif di Banten serta mengoptimalkan SDM.

 

Melihat kondisi jumlah pengangguran yang memang cukup tinggi, salah satunya di Provinsi Banten. Maka memang sangat perlu disediakan satu media online yang bisa menampung masalah pengangguran. Salah satu mengatasi angka pengangguran yang nantinya semakin meningkat, maka perlu adanya satu wadah yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk menampung, mensosialisasikan juga mengkordinasikan informasi apapun yang berkaitan dengan dunia pekerjaan, untuk itu saya dan Grapadi Group meluncurkan MARKETPLACE PEKERJA

Platform yang di buat khusus untuk Banten dan Umumnya untuk Indonesia, dimana anak muda bisa bekerja di mana saja, kapan saja menggunakan Platform. Dengan menerima kerjaan bukan hanya dari Banten namun dari Seluruh Indonesia. Hal ini saya namakan Optimalisasi SDM yang ada di Banten Khususnya, SDM handal dan bisa bersaing. Untuk itu Kerjayuk.co.id bukan hanya menyediakan pekerjanya namun melatih pekerjanya secara Gratis, dengan membuat lembaga pelatihan 1 Desa 1 Camp Pelatihan di Seluruh wilayah Banten dan akan di pandu oleh 1 kordinator dalam setiap desa.

Kerjayuk.co.id juga bisa dimanfaatkan sebagai media penyaring informasi dan juga mencari informasi mengenai pekerjaan yang diinginkan. Sebagai jembatan informasi juga komunikasi antara pekerja dan penyedia layanan pekerjaan secara online. Lebih mudah dalam mengakses jenis pekerjaan langsung dengan user sehingga pekerja mengetahui details dari pekerjaan yang dicari.

 

Link tersebut diperuntukkan bagi siapa saja pekerja ataupun yang tidak bekerja, ada memiliki banyak informasi pekerjaan yang sesuai dengan syarat juga ketentuan yang dimiliki oleh pencari kerja. Link ini juga bisa diakses dimanapun juga, dengan syarat jaringan internet tersedia.

 

Melalui Kerjayuk.co.id yang didirikan oleh Grapadi Group di bawah PT.Grapadi Teknologi International yang bergerak dalam bidang teknologi informatika. Memberikan banyak pelayanan secara online yang seperti media konsultan, informasi, berita juga media penyelenggara link bagi para pencari kerja.

 

Grapadi Group berpartisipasi dalam hal pembinaan, penyedia, penyalur informasi pekerjaan dan juga sebagai owner link Kerjayu.co.id ingin berperan dalam hal mengurangi angka pengangguran yang ada di Indonesia, khususnya wilayah Banten.

Sehingga kedepannya akan sangat mudah bagi pencari kerja melakukan pekerjaan dengan media online melalui di Kerjayuk.co.id. Akses link yang mudah, jenis pekerjaan yang sesuai profesi, juga pencari kerja bisa melakukan pekerjaan dimana saja tanpa batas jarak juga waktu. Modal hanya internet saja, pencari kerja sudah bisa mendapatkan jenis pekerjaan yang diinginkan.