Kupas Tuntas Cara Jokowi Membaca Pesaing Politik

Oleh: Dwi Andika

Sumber: beritasatu.com

 

Salah satu hambatan ketika Anda terjun dalam dunia politik yaitu adanya pesaing. Entah itu dari dalam partai politik pengusung Anda ataukah itu  berasal dari eksternal atau lawan politik Anda. Apapun bisa saja terjadi, yang mulanya berteman akhirnya menjadi lawan, atau bahkan kebalikannya. Semua bisa terjadi dalam kancah politik, namun apabila Anda sudah bertekad dan mampu menghalau semua itu, maka kemungkinan besar Anda akan menjadi seorang politikus sukses.

Untuk itu, perlunya Anda mengetahui mana pesaing yang membawa pada hal positif dan mana yang perlu Anda waspadai. Semua itu butuh strategi dan juga taktik, sehingga Anda tidak terjebak dalam istilah Serigala berbulu Domba. Karena banyak tipekal pesaing yang kapan saja bisa menjadi musuh dalam selimut Anda. Berikut ini ketahuilah bagaimana cara untuk mengetahui apakah posisi pesaing politik Anda.

 

Sebelum Anda mengetahui posisi mana pesaing politik Anda, maka penting untuk mengetahui setiap rekam jejak pesaing – pesaing Anda. Pelajari mengenai bagaimana sepak terjang mereka baik dalam bidang politik dan juga bidang lainnya. Salah satu cara untuk tahu maka Anda bisa mencoba beberapa metode seperti berikut ini:

1. Pantau Pesaing Anda Melalui Forum Atau Seminar

Anda yang ingin tahu mengenai posisi pesaing politik, maka Anda bisa mengetahui banyak informasi melalui forum, seminar, gathering, debat dan temu muka dalam berbagai hal. Dengan cara ini Anda bisa memahami sejauh mana pesaing Anda memiliki pengetahuan, wawasan, sikap intelektual dan sebagainya. Melalui pertemuan tatap muka Anda juga bisa mendata secara rinci hal apa saja yang menjadi dasar pesaing Anda dalam posisi lebih dari Anda ataukah sebaliknya.

2. Ketahui Melalui Media Sosial Pesaing Anda

Banyak kemajuan teknologi yang bisa Anda gunakan untuk mencari tahu siapa saja yang diinginkan. Salah satunya untuk mengetahui siapa pesaing Anda sebenarnya, gunakan media sosial dan internet untuk mendulang informasi mengenai pesaing Anda tersebut. Bagaimana biografi, rekam jejak di media sosial, dan hal lain yang berkaitan dengan informasi yang Anda ingin ketahui. Anda bisa melihat semua history melalui media tersebut secara mudah.

3. Jadilah Teman Politiknya

Cara yang satu memang terbilang cukup beresiko bagi Anda, apabila Anda merupakan orang yang tidak ingin mencari muka atau bersilat lidah. Maka pilihan satu ini termasuk pilihan yang harus mengesampingkan hal tersebut. Untuk mengetahui di mana posisi lawan politik Anda, maka ada baiknya Anda mulai mencari sela menjadi teman atau partner kerja. Tentu hal ini memiliki efek yang sangat baik, Anda jauh lebih bisa membaca dan juga mengetahui sejauh mana pesaing Anda ini bisa melampaui kemampuan dan juga pengetahuan Anda. Namun, tentu secara positif untuk bisa menjalin pertemanan sebagai ajang persaingan yang sehat. Karena banyak yang tadinya lawan justru bisa menjadi kawan, jadi Anda bisa mencoba cara satu ini.

4. Kumpulkan Data dan Informasi

Cara berikutnya Anda juga bisa melakukan pengumpulan data dan juga informasi yang akurat mengenai seseorang atau pesaing Anda. Entah itu melalui data biografi, sejarah pendidikan, rekam jejak dalam dunia politik, dan sebagainya. Dengan data yang ada Anda sudah bisa menyimpulkan siapa sebenarnya lawan atau pesaing Anda. Sehingga Anda bisa menentukan metode dan teknik apa untuk bisa bersaing secara sehat dan baik.

5. Ketahui Dari Kerabat Dekat Atau Teman Pesaing

Apabila Anda memiliki jaringan yang luas, maka tidak salah untuk mengetahui pesaing Anda melalui kerabat atau koleganya. Hal ini perlu teknik halus dan perlahan untuk bisa mengetahui segala informasi yang berkaitan dengan informasi yang Anda inginkan mengenai pesaing Anda. Walau terkadang informasi yang didapat tidak selengkap yang diharapkan paling tidak Anda mengetahui sosok pesaing Anda tersebut.

6. Lakukan Observasi

Jika Anda ingin mengetahui secara lengkap dan transparan mengenai pesaing Anda.  Maka Anda bisa melakukan teknik observasi, bisa dengan mengumpulkan data, informasi dan hal terkait yang berhubungan dengan pesaing Anda. Lakukan observasi dengan banyak cara yang sesuai dengan keinginan dan cara yang dianggap mudah. Dari hasil observasi Anda akan mendapat informasi secara lengkap, dan menjadi bahan untuk Anda jadikan landasan dalam mempersiapkan persaingan secara sehat.

Ada beberapa cara lain yang sedikit lebih ekstrem apabila hal tersebut bisa Anda inginkan. Seperti Anda bisa saja menyewa tenaga ahli untuk melakukan observasi, atau survey mengenai posisi pesaing Anda, yang pasti hal tersebut membutuhkan metode yang hanya diketahui oleh sang ahli.

Bukan berarti pesaing Anda adalah musuh, karena tidak semua lawan bisa dianggap musuh. Setelah Anda menyelami segala informasi mengenai pesaing Anda, maka Anda baru bisa mengambil kesimpulan yang menurut Anda benar dan tepat. Semoga penjelasan di atas sedikit memberikan gambaran mengenai bagaimana cara mengetahui posisi pesaing politik, semoga bermanfaat.